Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Minggu, 13 Desember 2009

Sedikit dari Kamu Berdampak Besar untuk Semua




Pernyataan ini mungkin menjadi salah satu pernyataan yang sesuai dengan keadaan saat ini. Ternyata, kebiasaan kita bayak yang tidak kita sadari menambah buruk kondisi bumi. Ditandai dengan semakin memanasnya bumi . jika ini dibiarkan tentu akan memberikan dampak yang negative bagi kelangsungan hidup kita. Seperti kata orang bijak lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jadi lebih baik kita mencegah dan meminimasir kerusakan bumi sebelum bertambah parah akibat kelalaian kita sendiri.


Mulai dari kebiasaan kita belanja sehari-hari baik ke supermarket atau sekedar belanja ke warung terdekat rumah. Ternyata, hanya karena tas belaja kita(baca: kantong keresek) seiap 1.000.000 mahluk laut mati akibat memakan kantong dan sampah plastic yang di buang ke laut. Oleh karena itu lebih baik ketika ingin belanja, memakai tas belanja ini mencegah emisi karbondioksida hingga 25 kg.


Hemat air, jika keadaan bumi semakin panas, diperkirakan dunia akan mengalami krisis air. Oleh karena itu pemakaian air harus dibatasi mulai saat ini. Kran yang di biarkan menyala saat kita menggisok gigi, menghabiskan 2,5 galon (=10 liter) air dalam satu menit.
Ac mobil, dengan mematikan AC mobil dan membuka jendela, belum tentu lebih irit. Karena jika mobil dlam kedaan kencang pada saat jendela terbuka maka akan menghambat laju kendaraan. Ini berarti lebih menghabiskan bahan bakar .


Gunakan sepeda atau jalan kaki jika ingin pergi dalam jarak dekat. Ini akan mengurangi emisi gas carbondioksida, yang merupakan salah satu gas rumah kaca sejumlah 100.000. Total jumlah emisi gas rumah kaca tahun 2005 adalah 1,119 Gton.


Buang sampah, ayo kita buang sampah di tempatnya. Jika tidak terdapat tempat sempah disekitar kita usahakan untuk menyimpannya terlebih dahulu kemudian membuangnya. Lebih baik lagi jika kita sudah dapat memisahkan sampah menurut tipenya. Ini akan mempermudah dalam proses daur ulang.


Naik angkot, atau bis daripada pergi dengan kendaraan masing-masing lebih baik menggunakan angkot atau bis untuk pergi ke sekolah, kampus atau kantor. Ini akan meghemat 730kg carbondioksida per tahunnya.


Daur ulang kertas, pastikan hemat kertas mulai dari sekarang . pastikan setiapkertas yang digunakan sudah terisi kedua bagian sisinya. Dapat dengan cara menggunting kecil-kecil kertas tersebut untuk kemudian dijadikan sebagai note kecil untuk catatan kecil.


Hemat listrik, denagan mengganti lampu lemat energy berarti kita menghemat 2,4 juta megawatt hour per tahun. Sangat berpengeruh mengurangi emisi gas karbondioksida.


Cabut kabel, dengan melakukan ini akan mengurangi emisi karbondioksida sebayak 30 kg per tahun.


Sampah basah, hampir 1/3 dari limbah rumah tangga adalah sampah dari dapur dan halaman. Kurangi jumlah ini dengan memanfaatkannya menjadi kompos.


Ini mungkin hanya sebagian kecil hal-hal yang dapat kita perbuat untuk menjaga dam menyelamatkan bumi kita ini. Terahir, apapun yang akan kita lakukan pastikan itu adalah hal untuk menyelamatkan bumi.


Sumber:
Cosmogirl! Indonesia. “green days”.edisi juni 2008.

2 komentar:

dong-o mengatakan...

mengutip (seingetnya) dari buku Discovery Channel

"kantong plastik. 1 detik pembuatan. i jam penggunaan. dan 1000 tahun untuk menguraikan"

Nurul Aeni mengatakan...

wahh dapet info baru nihh.. makasih y dong-o

Posting Komentar